Minggu, 09 September 2012

Keadaan Bangsa Indonesia Akibat Penjajahan Belanda (1)



 Imperealisme adalah sistem untuk menguasai atau mempengaruhi ekonomi bangsa lain. Imperealisme tua VOC di abad 17 dan 18, dan imperealisme modern Belanda di abad 19 dan 20 telah mengakibatkan Indonesia menjadi jajahan Belanda selama beberapa abad, pelabuhan demi pelabuhan, daerah demi daerah, pulau demi pulau, sampai seluruh nusantara di kuasai Belanda. Akibat penjajahan ini rakyat Indonesia menjadi mundur di segala lapangan penghidupan, baik di bidang perekonomian maupun di bidang kebudayaan. Rakyat Indonesia yang begitu lama tertindas dan sangat miskin itu menjadi rakyat yang merasa dirinya rendah.
Keadaan rakyat yang sengsara seperti demikian ini dimulai dengan datangnya pedagang-pedagang Belanda bersenjata sejak abad ke-16 dan membeli rempah-rempah hasil bumi Indonesia yaitu Pala di Banda, merica di Sumatra dan Jawa, serta cengkeh di Maluku. Perdagangan yang mereka lakukan berubah dengan menggunakan kekerasan senjata.
Perdagangan dengan cara pemaksaan ini menjadikan penduduk setempat menjadi budak, seperti di Banda tahun 1622. Petualangan-petualangan hongi yang dilakukan oleh Belanda di Maluku menghancurkan pohon-pohon cengkeh milik rakyat Ambon, dengan maksud menguasai pasar cengkeh dunia.
Dengan politik devide et impera Belanda kemudian dapat menaklukkan kerajaan-demi kerajaan di Indonesia yang memang sudah terpecah belah.

0 komentar: